Metode Pembuktian
A Pendahuluan
Dalam Matematika kita tidak selalu untuk dituntut untuk mencari sebuah hasil dari sebuah masalah bahkan yang kita membuat sulit adalah kita dituntut untuk mencari sebuah bukti dari suatu pernyataan yang ada.
Pencarian sebuah bukti tidaklah segampang menjawab sebuah masalah. Dalam mengutarakan sebuah bukti kita harus mampu memandang setiap masalah dari sudut pandang manapun, menjadikan sebuah masalah menjadi sebuah hal yang lebih sederhana dan yang paling penting adalah kita harus mampu membuat orang lain mengerti serta harus sesuai dengan teori,fakta,kemutlakkan, yang berlaku dalam setiap masalah.

Metode pembuktian p→q
Langsung Tak langsung Dengan kontradiksi
Mulai p Mulai ~q Mulai p dan ~q
Langkah-langkah logika Langkah-langkah logika Langkah-langkah logika
Simpulan q Simpulan ~ p Simpulan (r dan ~ r

Dalam sebuah pernyataan, banyak sekali teori, hokum, yang dapat digunakan untuk memecahkan suatu masalah, maka dalam hal dalam proses pembuktian tidak menuntut kemungkinan jika kita mengutarakan sebuah teori ataupun hukum yang berlaku dalam matematika. Yang akan menjadi sebuah masalah adalah bagaimana kita mengutarakan suatu bukti yang kita ajukan dapat dimengerti dan dipahami oleh orang lain serta benar sesuai teori dan proses peninjauan kembali.

Problem

Buktikanlah pernyataan ini

1 Jika n bilangan bulat ganjil, maka n2 bilangan bulat ganjil
2 Jika n2 habis dibagi 3 maka n habis dibagi 3
3 Tidak ada bilangan prima a,b, dan c yang memenuhi a3 + b3 = c3
4 Jika m dan n bilangan bulat berturutan, maka 4 membagi habis m2 + n2 – 1
5 bukan bilangan rasional



Share/Save/Bookmark
0 komentar

Posting Komentar